MENILAI EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SEKOLAH (SMIS) DALAM MENDUKUNG ADMINISTRASI SEKOLAH DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN
DOI:
https://doi.org/10.38062/jpab.v5i2.936Keywords:
Sistem Informasi, Manajemen, Sekolah, AdministrasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Sistem Informasi Manajemen Sekolah (SIMS) terhadap proses administrasi sekolah dan pengambilan keputusan serta tantangan yang dihadapi dalam pengimplementasiannya. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah library research atau studi literatur dan pengumpulan data dengan mengkaji dan menganalisis berbagai sumber informasi yang relevan terkait penggunaan Sistem Informasi Manajemen Sekolah (SIMS) dalam meningkatkan administrasi pendidikan sekolah dan pengambilan keputusan. Teknik pengumpulan data menggunakan studi literatur. Penelitian ini disusun berdasarkan atas gagasan penulis yang didukung dengan objek data sekunder. Hasil penelitian dari artikel ini bahwa Penggunaan SMIS terbukti dapat meningkatkan efisiensi waktu dalam berbagai proses administratif, mulai dari pencatatan nilai hingga pengelolaan keuangan, yang sebelumnya dilakukan secara manual. SIMS juga berperan penting dalam mendukung proses pengambilan keputusan di sekolah melalui penyediaan data yang akurat dan terstruktur. Namun, ada tantangan utama yang dihadapi dalam penerapan SMIS meliputi tingginya biaya implementasi, kesiapan sumber daya manusia, dan keamanan data
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ade Dermawansyah Purba, Ahmad Anshori, Lily Haryanti, Rindyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.