KUALITAS PELAYANAN BERBASIS TEKNOLOGI MOBILE JKN PADA BPJS KESEHATAN KABUPATEN KUBU RAYA

Authors

  • Aldi Luthfi Politeknik Negeri Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31573/bimanis.v2i1.252

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Teknologi, Kesehatan

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana Kualitas Pelayanan Mobile JKN pada BPJS Kesehatan Kabupaten Kuburaya. Adapun tujuan dari penulisan ini adalah mengetahui kualitas pelayanan  Mobile JKN pada peserta BPJS Kesehatan Kabupaten Kuburaya, untuk mengetahui kendala yang ditemukan dalam aplikasi Mobile JKN, untuk mengetahui solusi dalam mengatasi kendala dalam penggunaan layanan Mobile JKN pada peserta BPJS Kesehatan Kabupaten Kuburaya. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu Metode Observasi, Metode Wawancara, Metode Dokumentasi. Metode penyajian data yang penulis gunakan yaitu metode deskriptif dengan menggunakan analisis data dengan teknik kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan aplikasi Mobile JKN kepada peserta sudah baik dan peserta merasa puas akan pelayanannya. Kendala yang dihadapi dalam pelayanan aplikasi Mobile JKN seperti kurangnya pengetahuan teknologi digital pada peserta lansia atau peserta yang gagap teknologi, kode otp/masuk yang tidak bisa didapatkan ketika ingin masuk ke aplikasi . Adapun solusi untuk dari kendala tersebut yaitu bisa meminjam handphone anaknya, tetangganya dan melakukan pembelajaran dalam pengoperasian aplikasi, menghubungi layanan bpjs care center 165 maupun pandawa dari BPJS Kesehatan untuk mengubah nomor handphone untuk mendapatkan kode otp.

 

Published

2022-12-30

Issue

Section

Articles