PROSEDUR PELAYANAN KLAIM PADA PRODUK ASURANSI DI PT ASURANSI JASARAHARJA PUTERA CABANG PONTIANAK

Authors

  • Juliantika Anti Politeknik Negeri Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31573/bimanis.v2i1.263

Keywords:

Prosedur, Pelayanan Klaim, Asuransi

Abstract

PT Asuransi Jasaraharja Putera Cabang Pontianak yaitu perusahaan yang bergerak dibidang jasa yang memberikan jaminan keselamatan untuk diri, kendaraan, harta benda dan lainnya. PT AsuransiJasaraharja Putera Cabang Pontianak ini merupakananak dari perusahaan asuransi PT Jasa Raharja. Tugas akhir ini berjudul Prosedur Pelayanan Klaimpada Produk Jasa Asuransi di PT AsuransiJasaraharja Putera Cabang Pontianak. Rumusanmasalah dalam penelitian ini adalah untukmengetahui bagaimana prosedur pelayanan klaimpada produk jasa asuransi di PT AsuransiJasaraharja Putera Cabang Pontianak. Tujuanpenelitian Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahuibagaimana prosedur pelayanan klaim pada produkjasa asuransi di PT Asuransi Jasaraharja PuteraCabang Pontianak. Dalam penulisan Tugas Akhir ini, penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode penyajian data penulis menggunakanmetode deskriptif dan penulis menggunakan analisisdata kualitatif. Berdasarkan hasil dari penelitian, terdapat enam tahapan dalam prosedur klaim yaitupenerimaan laporan, survei, kelengkapan dokumen, penelitian validitas dokumen, analisa liabilitasdokumen dan persetujuan klaim. Pelayanan Klaim di PT Asuransi Jasaraharja Putera Cabang Pontianak sangat prima, karena saat melayanai nasabah sudahmengikuti unsur pokok dalam pelayanan prima seperti kecepatan, ketepatan, keramahan dan kenyamanan.

Published

2022-12-30

Issue

Section

Articles