UPAYA DINAS PERHUBUNGAN KOTA PONTIANAK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PELABUHAN PENYEBERANGAN BARDAN-SIANTAN

Authors

  • Nanda Sekarsari Politeknik Negeri Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31573/bimanis.v2i1.278

Keywords:

Pelayanan, Kualitas, Upaya

Abstract

Pelayanan publik merupakan serangkaian kegiatan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan pelayanan bagi setiap warga negara dan penduduk, baik yang dilakukan oleh instansi pemerintah pusat maupun daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Dinas Perhubungan Kota Pontianak merupakan salah satu instansi yang memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan yang diberikan dapat berupa pelayanan administrasi maupun pelayanan jasa. Bentuk pelayanan jasa yang diberikan adalah pelayanan ferry penyeberangan yang dilakukan pada pelabuhan Bardan-Siantan. Pelaksanaan dan perkembangan pelabuhan penyeberangan Bardan-Siantan sekarang ini banyak masyarakat yang mempertanyakan kualitas pelayanan Dinas Perhubungan Kota Pontianak dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang dirasa belum maksimal. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan pelabuhan penyeberangan Bardan-Siantan dan upaya yang dilakukan Dinas Perhubungan Kota Pontianak dalam meningkatkan kualitas pelayanan penyeberangan pelabuhan Bardan-Siantan. Peneliti memfokuskan untuk mengembangkan objek penelitian dengan cara mengumpulkan data yang terkait dengan Upaya Dinas Perhubungan Kota Pontianak Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pelabuhan Penyeberangan Bardan-Siantan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengambilan data berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah kualitas pelayanan pelabuhan penyeberangan Bardan-Siantan kurang memuaskan. Terdapat kekurangan di 3 dimensi kualitas pelayanan, yaitu tangible, responsiveness, dan assurance. Dimensi reliability dan emphaty sudah bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Upaya Dinas Perhubungan Kota Pontianak dalam meningkatan kualitas pelayanan pelabuhan penyeberangan Bardan-Siantan dalam hal keselamatan, keamanan, kehandalan, kenyamanan, kemudahan, kesetaraan belum sepenuhnya  berjalan dengan maksimal.

Published

2023-01-30

Issue

Section

Articles