IMPLEMENTASI PENYUSUNAN DOKUMEN ANALISIS JABATAN PADA DINAS KESEHATAN KOTA PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.31573/bimanis.v2i1.296Keywords:
Analis Jabatan, Dokumen, ImplementasiAbstract
Dinas Kesehatan Kota Pontianak merupakan unsur pelaksana analisis jabatan. Analisis Jabatan diatur dalam Permenpan RB Tahun 2020 sebagai dasar analisis jabatan terbaru. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi penyusunan dokumen analisis jabatan pada Dinas Kesehatan Kota Pontianak, untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam implementasi penyusunan dokumen analisis jabatan dan untuk mengetahui solusi yang dapat dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Pontianak terkait kendala yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Dalam SK Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak Nomor 114/D-KES/TAHUN 2021 memuat tentang penetapan tim pelaksana analisis jabatan dan analisis beban kerja yang merupakan bagian persiapan dari proses analisis jabatan. Namun diketahui bahwa analisis jabatan masih dalam proses kegiatan penyusunan dokumen analisis jabatan yang dilakukan pada bulan April 2022, sehingga dokumen tersebut belum dapat dimanfaatkan dan didayagunakan. Penulis menyimpulkan bahwa pada aspek komunikasi dalam penyusunan dokumen analisis jabatan sudah dilaksanakan dengan baik, dalam variabel sumber daya, hal yang harus diperhatikan yaitu sumber daya manusia dan sumber daya finansial kemudian terdapat disposisi untuk melakukan pembagian tugas dalam tim dan Standar Operasional Prosedur dalam struktur organisasi. Kendala yang ditemukan yaitu terdapat pegawai yang masih kurang memahami dokumen analisis jabatan, adanya beban tugas yang lebih dari satu atau beban tugas ganda dan belum ada koordinator khusus dalam menyusun dokumen analisis jabatan. Berdasarkan kendala yang dihadapi, maka solusi yang dapat dilakukan adalah memberi arahan secara ekstra kepada pegawai yang masih kurang memahami dokumen analisis jabatan, pegawai dapat menyeimbangkan tugas/pekerjaan dengan mengatur waktu dan dengan menunjuk satu koordinator khusus dalam menyusun dokumen analisis jabatan.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 BERKALA ILMIAH MAHASISWA ADMINISTRASI BISNIS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.