PERAN MAN II REN PLN UP2D KALBAR DALAM PENYEBARAN INFORMASI KELISTRIKAN UNTUK MELAYANI KEPUASAN PELANGGAN
DOI:
https://doi.org/10.31573/bimanis.v2i1.303Keywords:
Kepuasan Pelanggan, Kelistrikan, InformasiAbstract
PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pengatur Distribusi Kalimantan Barat. adalah salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak pada bidang layanan jasa. Merupakan unit PLN yang mengatur pengoperasian jaringan tegangan menengah di Kalimantan Barat dengan tugas dan fungsi di pengoperasian sistem 20 kV dan Tersebar di 14 kabupaten dan kota Kalimantan barat. Penulisan tugas akhir ini berjudul “Peran MAN II REN PLN UP2D KALBAR dalam penyebaran informasi kelistrikan untuk melayani kepuasan pelanggan” Adapun tujuan dari penulisan ini : (1) Untuk mengetahui Pesan yang digunakan dalam menyebarkan informasi melalui media sosial instagram yang efektif, (2) untuk mengetahui Faktor-faktor apa saja yang menghambat dalam penyebaran informasi kelistrikan (3) Untuk mengetahui solusi dalam mengatasi hambatan dalam proses penyebaran informasi melalui media sosial. Untuk mencapai tujuan penulisan ini, penulis menggunakan Teknik pengambilan data dengan Teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penulis melakukan wawancara dengan bagian informan 1 (Manajer Perencanaan), informan 2 (Wakil koordinator), dan informan 3 (salah satu followers @pln_up2dkalbar). Dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan, diketahui bahwa pesan informatif yang digunakan media sosial MAN II REN PLN UP2D KALBAR dalam menyebarkan informasi sudah baik dan sesuai dengan teori menurut beberapa ahli. Hambatan dalam menyebarkan informasi melalui media sosial instagram adalah fisik yaitu, tidak adanya sosialisasi ke media sosial lokal secara langsung dan Intelektual yaitu hanya menggunakan satu media sosial saja dalam penyebaran informasi. Solusi yang penulis berikan dalam mengatasi hambatan adalah dengan cara mengcantumkan akun media sosial lokal pada saat penyebaran informasi ke media sosial instagram dan Mengaktifkan akun media sosial lainya seperti Facebook agar dapat tersebar di masyarakat luas.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 BERKALA ILMIAH MAHASISWA ADMINISTRASI BISNIS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.