PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PENERIMAAN DAN PENGIRIMAN KENDARAAN PADA PT FAJAR BAHARI NUSANTARA
DOI:
https://doi.org/10.31573/bimanis.v2i1.306Keywords:
Kualitas Pelayanan, Penerimaan, Pengiriman, KendaraanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan kualitas pelayanan Penerimaan dan Pengiriman Kendaraan Roda 4 Pada PT Fajar Bahari Nusantara Pontianak, Mengetahui kendala yang dihadapi PT Fajar Bahari Nuantara Pontianak dalam meningkatkan kualitas pelayanan pengiriman dan penerimaan kendaraan roda 4 pada PT Fajar Bahari Nusantara Potianak, dan mengetahui solusi yang dilakukan PT Fajar Bahari Nusantara Pontianak. Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah metode kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Kualitas pelayanan pengiriman dan penerimaan kendaraan pada PT Fajar Bahari Nusantara sudah cukup baik dan profesional, sehingga para pelanggan yang menggunakan jasa pengiriman melalui PT Fajar Bahari Nusantara juga merasa cukup puas dari segi keamanan dan juga kemudahan dalam proses pengurusan dokumen-dokumennya. Hambatan yang terjadi kurangnya fasilitas pendukung seperti tempat duduk untuk pelanggan menunggu. Mesin cetak dokumen dan juga laptop masih sering megalami error. Selain itu kurangnya kelengkapan dokumen kendaraan pelanggan. Adapun solusinya karyawan mempersilahkan pelanggan untuk duduk di kursi yang telah disediakan, tetapi jumlahnya terbatas yang dimana apabila jumlah pelanggan banyak maka kursi tersebut tidak cukup.. Mengenai mesin cetak dokumen dan laptop yang error, staf lapangan meminjam kepada staf lain yang ada di kantor sementara waktu. Selanjutnya berkenaan dengan dokumen, karyawan menginformasikan Kembali kepada pelanggan agar pelanggan mengirim dokumen yang melaui whattApp. Adapun rekomendasi dari peneliti yaitu penambahan peralatan tempat duduk. Kemudian mengganti mesin cetak dokumen dan laptop dengan yang baru karena kinerjanya sudah lambat. Selanjutnya perusahaan maupun karyawan memberikan informasi melalui sosial media bahkan bisa juga melalui web agar pelanggan bisa mengecek terlebih dahulu sosial media maupun web dari perusahaan agar para pelanggan bisa mengetahui persyaratan dokumen apa saja yang di perlukan untuk mengirim kendaraan. Kemudian perlunya sosialisasi kepada masyarakat agar masyarakat lebih paham dengan apa yang harus dibawa dalam pengurusan administrasi pengiriman kendaraan.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 BERKALA ILMIAH MAHASISWA ADMINISTRASI BISNIS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.