ANALISIS BAURAN PEMASARAN PADA PT TRAKTOR NUSANTARA CABANG PONTIANAK

Authors

  • Hapsah Politeknik Negeri Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31573/bimanis.v2i1.320

Keywords:

Pemasaran, Bauran Pemasaran, Analisis Fishbone

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana bauran pemasaran pada PT Traktor Nusantara Cabang Pontianak. Tujuan dari penelitian laporan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui bauran pemasaran pada PT Traktor Nusantara Cabang Pontianak, untuk mengetahui permasalahan bauran pemasaran yang dihadapi oleh PT Traktor Nusantara Cabang Pontianak dan untuk mencari solusi atas permasalahan bauran pemasaran pada PT Traktor Nusantara Cabang Pontianak. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data digunakan untuk mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan serta menggunakan analisis tulang ikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melaksanakan kegiatan pemasaran PT Traktor Nusantara menggunakan bauran pemasaran 4P yaitu produk, harga, tempat dan promosi. Beragam produk yang ditawarkan mampu bersaing dengan harga yang lebih tinggi, tempat usaha strategis dan terjangkau, kegiatan promosi terus dilakukan untuk memasarkan produk-produk PT Traktor Nusantara cabang Pontianak. Terdapat beberapa permasalahan yang terjadi, pesaing menjual produk sejenis dengan harga murah, komentar desain pelanggan terhadap desain produk, lokasi pelanggan jauh, promosi iklan tidak tepat sasaran, pengunjung pameran yang masih umum, dan penyampaian informasi yang kurang spesifikasi dan detail. Berdasarkan analisis fishbone bauran pemasaran pada PT Traktor Nusantara Cabang Pontianak, ditemukan solusi atas permasalahan yang terjadi, memberikan leasing untuk mempermudah pembayaran, mendekati pelanggan, menyampaikan komentar pelanggan ke kantor pusat, membuat jobsite planning, melakukan promosi hingga tepat sasaran, dan tindak lanjut sampai ke pelanggan.

Published

2023-02-28

Issue

Section

Articles