SISTEM LANGGANAN PARKIR BANDARA SUPADIO PADA PT ANGKASA PURA II PONTIANAK

Authors

  • Rika Rachmada Politeknik Negeri Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31573/bimanis.v2i1.347

Keywords:

Sistem Informasi, Parkir, Smart Card

Abstract

PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Pontianak merupakan salah satuBUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang bergerakdalam bidang usaha pelayanan jasa kebandarudaraandan pelayanan jasa terkait bandar udara di wilayah Indonesia Barat.Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan sistemlangganan Parkir Bandara Supadio Pada PT Angkasa Pura II Pontiana k. (2) Untuk mengetahuiapa saja kendala dalam menerapkan sistemlangganan parkir Bandara Supadio pada PT Angkasa Pura II Pontianak. (3) Untuk mengetahui bagaimanasolusi dalam mengatasi kendala sistem langgananparkir Bandara Supadio. Metode yang penulisgunakan dalam pengumpulan data yaitu metodeobservasi, wawancara, studi dokumentasi denganmenggunakan metode analisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistemlangganan parkir dengan berbasis penggunaan smart card dilakukan sebagai bukti adanya fasilitas yang diberikan oleh Angkasa Pura II kepada mitra usahayang telah bekerjasama dengan perusahaan. Penerapan smart card memberikan kemudahandalam pengurangan biaya parkir dan keamanandalam menyimpan kendaraan yang telah terdaftarsebagai kendaraan parkir langganan, selain itu dapatmengurangi kesalahan-kesalahan, serta dapatmeningkatkan kecepatan aktivitas.

Published

2023-03-31

Issue

Section

Articles