APLIKASI KHATULISTIWA ONE MAP (KOM) SEBAGAI UPAYA PELAYANAN INFORMASI OLEH BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PROVINSI KALIMANTAN BARAT

Authors

  • Fitriani Indah Chayani Politeknik Negeri Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31573/bimanis.v2i1.354

Keywords:

Aplikasi, Pelayanan Informasi, Penelitian

Abstract

Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalimantan Barat, telah mengeluarkan inovasi berupa aplikasi pelayanan informasi kelitbangan berbasis geospasial yaitu Khatulistiwa One Map (KOM). Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan penyelenggaraan pelayanan informasi melalui aplikasi Khatulistiwa One Map (KOM) oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalimantan Barat dan hambatan dalam pelayanan informasi melalui aplikasi Khatulistiwa One Map (KOM). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah pelayanan informasi melalui aplikasi Khatulistiwa One Map (KOM) oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalimantan Barat telah dilaksanakan sesuai dengan prinsip penyelenggaraan pelayanan publik yaitu prinsip aksestabilitas, kontinuitas, profitabilitas dan akuntabilitas. Namun, untuk prinsip teknikalitas belum secara maksimal memenuhi kriteria. Hambatan yang terjadi pada pelayanan informasi menggunakan aplikasi Khatulistiwa One Map (KOM) ini adalah sumber daya manusia yang kurang memadai, sistem yang digunakan pada aplikasi Khatulistiwa One Map (KOM) belum mutakhir dan terdapat beberapa data yang membutuhkan waktu yang lama untuk diperbaharui. Rekomendasi yang peneliti berikan yaitu pihak penyelenggara perlu untuk berkomitmen untuk mengembangkan sistem secara berkelanjutan (prinsip kontinuitas) dan mengusulkan penambahan pegawai yang menguasai di bidang Teknologi dan Informasi serta Sistem Informasi Geografis (SIG).

Published

2023-04-30

Issue

Section

Articles