STRATEGI PROMOSI SERVICE BERKALA PADA PT ASTRA INTERNATIONAL Tbk. - TOYOTA AUTO2000 PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.31573/bimanis.v2i1.357Keywords:
Strategi Promosi, Service Berkala, MobilAbstract
PT Astra International Tbk didirikan oleh William Soerjawidjaya. AUTO2000 adalah perusahaan penyalur tunggal bagi kendaraan bermotor merek Toyota di Indonesia dan bekerja sama dengan Toyota Motor Sales, Co.Ltd. Tujuan penelitian tugas akhir ini adalah mengetahui strategi promosi service berkala pada PT Astra International Tbk - Auto2000 Pontianak, mengetahui hambatan yang terjadi dalam mempromosikan service berkala, mengetahui cara mengatasi hambatan yang terjadi dalam mempromosikan service berkala. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh penulis dalam penyusunan Tugas Akhir adalah metode wawancara dan dokumentasi. Hasil penulisan Tugas Akhir ini, penulis mendapatkan bahwa PT Astra International Tbk - Auto2000 Pontianak menerapkan promosi yang di bauran promosi yaitu Iklan (Advertising), Sales Promotion (Promosi Penjualan), Acara Dan Pengalaman, Hubungan Masyarakat Dan Publisitas, Personal Selling, Direct Marketing, Pemasaran Interaktif, Pemasaran Dari Mulut Ke Mulut. Dalam melaksanakan strategi promosi service berkala pada PT Astra International Tbk - Auto2000 Pontianak mengalami hambatan seperti customer yang melewati postingan di sosial media, customer yang datang tanpa booking sehingga tidak mendapatkan promo, faktor biaya perusahaan sedikit sulit untuk membuat acara, perlu waktu yang agak lama agar customer bisa mengenal dan percaya untuk service di PT Astra International Tbk - Auto2000 Pontianak, resikonya dimarahi customer karena mereka merasa terganggu, nomor yang tidak valid, customer yang tidak mengangkat telepon bahkan dengan sengaja mematikan telepon dari Auto2000 Pontianak, bermasalah pada server saat booking service, tidak benar-benar memperhatikan promosi seperti testimoni dari customer. Sehingga cara mengatasi hambatan yang terjadi adalah menyediakan layanan THS (Toyota Home Service) untuk customer yang bermasalah pada jarak, bisa menjemput mobil customer ke rumah saat customer tidak punya waktu, melakukan evalusi dengan cara mengadakan meeting untuk membahas strategi promosi, mengedukasi customer dan mencoba mengarahkan untuk melihat promo yang sudah di posting di akun sosial media milik Auto2000 Pontianak.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 BERKALA ILMIAH MAHASISWA ADMINISTRASI BISNIS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.