STRATEGI SALES MARKETING DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS CUSTOMER HOTEL MERCURE PONTIANAK CITY CENTER
DOI:
https://doi.org/10.31573/bimanis.v2i1.362Keywords:
Sales Marketing, Loyalitas Customer, HotelAbstract
Hotel Mercure Pontianak City Center merupakan salah satu hotel dengan jaringan internasional pertama di Pontianak dan Kalimantan Barat yang merupakan salah satu jasa perhotelan dibawah naungan brand internasional yaitu AccorHotels. Penulisan Tugas Akhir ini berjudul Strategi Promosi Sales Marketing Dalam Mempertahankan Loyalitas Customer Hotel Mercure Pontianak City Center. Adapun tujuan penelitian dari Tugas Akhir ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi promosi sales marketing dalam mempertahankan loyalitas customer Hotel Mercure Pontianak City Center. Metode yang digunakan dalam menyelesaikan Tugas Akhir ini ialah metode pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode penyajian data deskriptif dan analisis data kualitatif. Adapun hasil dari penelitian yaitu Hotel Mercure Pontianak City Center memiliki customer loyal dengan ciri-ciri khusus. Terdapat juga faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas customer tersebut. Selain itu, terdapat strategi promosi khusus untuk customer yang loyal yaitu membuat para customer untuk menjadi member, memberikan pelayanan terbaik, menyediakan product yang bagus, menetapkan harga yang kompetitif, memprioritaskan customer loyal, menanggapi keluhan dengan cepat, menerapkan maintenance relationship, serta membuat action plan. Dan strategi yang telah dilakukan berupa memprioritaskan customer, menerapkan maintenance relationship, serta menjalankan heartist program. Lalu, agar tidak kehilangan atau mengurangi customer yang sudah loyal strategi yang dilakukan adalah mengecek dan menganalisa, melakukan perbandingan jumlah akun member tahun ini dengan tahun lalu, serta melakukan pemulihan.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 BERKALA ILMIAH MAHASISWA ADMINISTRASI BISNIS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.