PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO BAGIAN KEUANGAN DAN UMUM DALAM PENGENDALIAN TRANSPORTASI PADA PT PLN (PERSERO) UPDK KAPUAS
DOI:
https://doi.org/10.31573/bimanis.v2i1.373Keywords:
Sistem Manajemen Mutu, Keuangan, TransportasiAbstract
PT PLN (Persero) UPDK Kapuas telah menggunakan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 dan telah mendapatkan Sertifikasi ISO 9001:2015 yang mencakup keseluruhan bagian-bagian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO Bagian keuangan dan Umum dalam Pengendalian Transportasi, kendala yang dihadapi serta solusi dalam menyelesaikan kendala yang ada. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi dokumentasi, yang merupakan data primer yang penulis dapatkan dari PT PLN (Persero) UPDK Kapuas. Metode penyajian data yang digunakan yaitu metode kualitatif. Teknis analisis data yang digunakan yaitu model interaktif. Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO Bagian Keuangan dan Umum dalam Pengendalian Transportasi telah dijalankan sesuai dengan tahapan-tahapan siklus PDCA serta kebijakan dan sasaran mutu pada perusahaan. Namun ditemukan pada tahap D (Do) kendala yang sering terjadi dikarenakan kurangnya kedisiplinan dan konsistenya pegawai. Selain itu di tahap C (Check) ditemukan ada kejanggalan dalam data perekapan peminjaman kendaraan. Sehingga solusi untuk kendala yang dihadapi yaitu dengan komunikasi antar karyawan guna saling mengingatkan. Dalam hal ini maka penerapan sistem manajemen mutu ISO bagian keuangan dan umum dalam pengendalian transportasi pada PT PLN (Persero) UPDK Kapuas belum sepenuhnya dilakukan dengan baik.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 BERKALA ILMIAH MAHASISWA ADMINISTRASI BISNIS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.