PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM WANITA KENANGA SEPAKAT PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.31573/bimanis.v2i1.377Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepuasaan Anggota, Koperasi Simpan PinjamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik yang diberikan oleh Koperasi Simpan Pinjam Wanita Kenanga Sepakat Pontianak terhadap kepuasan anggota. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah anggota koperasi yang berjumlah 151 orang. Sampel pada penelitian ini adalah 61 orang yang diambil menggunakan rumus slovin. Teknik analisis data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan Keandalan (X1), Daya Tanggap (X2), Jaminan (X3), Empati (X4), dan Bukti Fisik (X5) secara parsial maupun simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Anggota (Y). Hasil uji koefisien determinasi adalah sebesar 0,274, yang artinya Keandalan (X1), Daya Tanggap (X2), jaminan (X3), empati (X4) dan Bukti Fisik (X5) mampu menjelaskan kepuasan masyarakat (Y) sebesar 27,4%, sedangkan sisanya sebesar 0,72% (100% - 27,4 %) dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 BERKALA ILMIAH MAHASISWA ADMINISTRASI BISNIS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.