IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) SEBAGAI UNGGULAN KOMPETITIF PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PT PERKEBUNAN NUSANTARA XIII PONTIANAK)

Authors

  • Medi Jazari Politeknik Negeri Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31573/bimanis.v2i1.396

Keywords:

Corporate Social Responsibility, Unggulan Kompetitif, Perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) sebebagai unggulan kompetitif perusahaan PT Perkebunan Nusantara XIII Pontianak, mengetahui apa saja permasalahan/hambatan dalam pelaksanaan kegiatan implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) PT Perkebunan Nusantara XIII Pontianak serta mengetahui solusi dalam mengatasi permasalahan/hambatan dalam pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Perkebunan Nusantara Pontianak XIII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan beberapa teknik pengumpulan data berupa wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan melakukan  penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 7 (tujuh) sektor bantuan yang dilakukan dalam kegiatan CSR pada PT Perkebunan Nusantara XIII Pontianak yaitu bencana alam, pendidikan dan pelatihan, peningkatan kesehatan, sarana dan prasarana umum, pelestarian alam, sosial kemasyarakatan. Dalam pelaksanaan CSR terdapat beberapa permasalahan seperti anggaran dalam pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR), pandangan negatif dari masyarakan mengenai kegiatan CSR sebagai bentuk promosi, pemaksaan pelaksanaan kegiatan sosial oleh masyarakat sehingga bebrapa program CSR yang manjadi perhatian besar perusahaan. Untuk itu solusi yang diberikan oleh perusahaan dengan cara membangun kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengomtimalkan dampak program CSR yang menjadi keharusan serta memberikan bantuan dan pendampingan kepada masyarakat dan stakeholder agar mandiri serta berkesinambungan. Adapun rekomendasi yang diberikan dalam pelaksanaan implementasi CSR yaitu akan kekonsistenan pelaksanaan setiap tahunnya  serta pemberian pemahaman tentang kegiatan CSR kepada masyarakat dalam pelaksanaan CSR dilapangan dan juga adanya evaluasi dari setiap pelaksanaan implementasi CSR dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Published

2023-04-30

Issue

Section

Articles