ANALISIS KUALITAS PELAYANAN POLIS ASURANSI KENDARAAN BERMOTOR PADA PT ASURANSI JASA INDONESIA (PERSERO) KANTOR CABANG PONTIANAK

Authors

  • Wika Oscarianti Politeknik Negeri Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31573/bimanis.v2i1.420

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Polis Asuransi, Kendaraan Bermotor

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana kualitas pelayanan polis asuransi kendaraan bermotor, apa kendala pelayanan polis asuransi kendaraan bermotor dan bagaimana solusi terhadap kendala pelayanan polis asuransi kendaraan bermotor pada PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) Kantor Cabang Pontianak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan produk asuransi kendaraan bermotor, untuk mengetahui dimensi kualitas pelayanan yang memiliki kendala dalam pelaksanaannya dan untuk mengetahui solusi pada kendala yang ada dalam pelaksanaannya pada PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) Kantor Cabang Pontianak. Metode yang digunakan adalah metode kualiitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan untuk mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan serta menggunakan analisis fishbone. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam melaksanakan kegiatan pelayanan PT Jasindo Pontianak menggunakan dimensi kualitas pelayaan, yaitu bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati. Terdapat beberapa kendala yang terjadi, komputer dan internet yang tidak stabil, pakaian karyawan yang sudah mengecil, waktu penerbitan polis, salah mengetik nama nasabah, kurangnya pemahaman nasabah tentang harga premi dan waktu penerbitan. Berdasarkan analisis fishbone kualitas pelayanan PT Jasindo Pontianak ditemukan solusi atas permasalahan yang terjadi, memanggil orang yang ahli dalam bidang tersebut sambil bersabar, memberi teguran dengan cara yang baik, menjelaskan sistem aturan perusahaan, harus lebih teliti dan memerikan penjelasan secara ulang mengenai penentuan harga premi dan waktu penerbitan polis serta klaim.

Published

2023-04-30

Issue

Section

Articles