PENGELOLAAN KEARSIPAN SURAT MENYURAT PADA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN KAPUAS HULU

Authors

  • Al-Hafiyandi Politeknik Negeri Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31573/bimanis.v2i1.424

Keywords:

Pengelolaan Kearsipan, Surat Menyurat, Sekretariat Daerah

Abstract

Kearsipan merupakan bagian pekerjaan kantor yang sangat penting. Informasi tertulis yang tepat harus tersedia apabila diperlukan agar kantor dapat memberikan pelayanan yang efektif. Kearsipan sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan administrasi karena arsip merupakan pusat ingatan bagi setiap kegiatan dalam suatu kantor. Dalam melakukan pengelolaan arsip pada Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, dalam pelaksanaannya ditemui beberapa permasalahan seperti arsip masih dilakukan secara manual sehingga menyebabkan sulitnya untuk menemukan arsip dan membutuhkan waktu yang lama dalam menemukan arsip yang dicari. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian secara keseluruhan bahwa pengelolaan arsip pada Kesekretariatan Daerah Kabupaten Kapuas Hulu sudah baik dan tercapai, akan tetapi masih terdapat beberapa kendala dalam pengelolaan kearsipan surat menyurat pada Kesekretariatan Daerah Kabupaten KapuasĀ  Hulu seperti sulit dalam menemukan arsip dengan cepat karena masih menggunakan sistem manual selain itu ruangan kearsipan kurang memadai karena terjadi penyempitan ruangan dikarenakan arsip yang menumpuk. Dalam menangani hambatan yang ada peneliti merekomendasikan untuk meningkatkan sarana dan prasarana dalam menggunakan sistem pendataan berbasis elektronik, melakukan penataan dan penyusunan arsip yang lebik baik dalam pengelolaan arsip aktif dan inaktif, dan melakukann pemeliharaan lanjutan mengenai arsip yang telah lama agar arsip tersebut masih dapat digunakan dan terjaga dengan awet.

Published

2023-04-30

Issue

Section

Articles