PENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI UNIT LAYANAN TERPADU POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.31573/bimanis.v2i1.434Keywords:
Tingkat Kepuasan, Mahasiswa, Kualitas PelayananAbstract
Politeknik Negeri Pontianak sebagai salah satu perguruan tinggi vokasi yang ada di Kalimantan Barat harus mampu memberikan pelayanan administrasi yang baik. Salah satu unit layanan yang memberikan layanan administrasi adalah Unit Layanan Terpadu yang terletak di lantai satu Gedung direktoran Politeknik Negeri Pontianak.Salah satu fasilitas yang disediakan kepada mahasiswa adalah layanan administrasi sebagai wadah dalam hal legalitas dan surat menyurat terkait kegiatan akademik maupun non-akademik. Kualitas yang baik dalam pelayanan administrasi menjadi sebuah nilail ebih dari kinerja yang dilakukan dalam memberi pelayanan konsumen. Agar tak terjadi gerakan pasif pada kualitas pelayanan ini, maka perlu adanya peningkatan kuliatas layanan administrasi yang disediakan oleh pihak perguruan tinggi. Apabila tidak diikuti dengan kuliatas layanan administrasi yang memadai kepada mahasiswa, maka akan timbul ketidakpuasan dari pengguna jasa tersebut. Kepuasan mahasiswa sebagai pengguna jasa menjadi alat ukur salah satu tingkat keberhasilan sebuah perguruan tinggi dalam melakukan pengelolan pada Lembaganya. Serta dalam menjalankan roda dunia Pendidikan tanpa mengesampingkan kepuasan yang merupakan produkjasa yang dirasakan langsung oleh public. Untuk penelitian ini sendiri, dimensi yang ada yaitu terdiri dari terdiri dari bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati semua merujuk pada tingkat puas, dan yang mendominasi adalah pertama adalah penataan indoor, kedua adalah kebersihan, dan yang ketiga adalah kecepatan pelayanan pada proses pembuatan surat menyurat. Namun tetap saja Melalui banyak saran dari responden memang masih banyak saran yang belum puas akan beberapa faktor pelayanan seperti tidak adanya no antrian dan kurangnya fasilitas pendukung layanan lainnya. Berdasarkan hal ini lah upaya untuk dapat melengkapi fasilitas-fasilitas tersebut sangatlah diperlukan sehingga penerima layanan dapat menjadi lebih puas ketika menerima layanan pada Pusat Informasi dan Pelayanan Terpadu di Politeknik Negeri Pontianak.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 BERKALA ILMIAH MAHASISWA ADMINISTRASI BISNIS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.