PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA TRANSPORTASI ONLINE DI KOTA PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.38062/jpab.v1i2.10Keywords:
Harga, Kualitas Layanan, Promosi, Brand Image, KeputusanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh harga, kualitas pelayanan, promosi dan brand image terhadap keputusan penggunaan jasa transportasi online di Kota Pontianak (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Pontianak). Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan alat analisa regresi linier berganda. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan melibatkan 90 orang mahasiswa jurusan administrasi bisnis sebagai sampelnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan ada pengaruh yang signifikan 4 variabel yang digunakan, yakni variabel harga (X1), kualitas pelayanan (X2), promosi (X3) dan variabel brand image (X4) terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai R-square yakni sebesar 0,223 dan signifikan pada 0,000. Ini berarti, kontribusi variabel-variabel bebas terhadap variabel terikatnya sebesar 22,23%. Sedangkan sisanya sebesar 77,77% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan secara parsial, hanya variabel promosi (X3) yang tidak signifikan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dalam penggunaan ojek online yang mereka pilih (Y).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Januardi M. Diah, Abdullah, Charlyna S. Purba
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.