PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA TRANSPORTASI ONLINE DI KOTA PONTIANAK

Authors

  • Januardi M. Diah Politeknik Negeri Pontianak
  • Abdullah Politeknik Negeri Pontianak
  • Charlyna S. Purba Politeknik Negeri Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.38062/jpab.v1i2.10

Keywords:

Harga, Kualitas Layanan, Promosi, Brand Image, Keputusan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh harga, kualitas pelayanan, promosi dan brand image terhadap keputusan penggunaan jasa transportasi online di Kota Pontianak (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Pontianak). Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan alat analisa regresi linier berganda. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan melibatkan 90 orang mahasiswa jurusan administrasi bisnis sebagai sampelnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan ada pengaruh yang signifikan 4 variabel yang digunakan, yakni variabel harga (X1), kualitas pelayanan (X2), promosi (X3) dan variabel brand image (X4) terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai R-square yakni sebesar 0,223 dan signifikan pada 0,000. Ini  berarti, kontribusi variabel-variabel bebas terhadap variabel terikatnya sebesar 22,23%. Sedangkan sisanya sebesar 77,77% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan secara parsial, hanya variabel promosi (X3) yang tidak signifikan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dalam penggunaan ojek online yang mereka pilih (Y).

Downloads

Published

2020-12-30

Issue

Section

Articles