PEMANFAATAN E-LEARNING MANAGEMENT SYSTEM DALAM MENDUKUNG PPROSES PEMBELAJARAN MASA PANDEMI COVID-19 (CASE STUDY PADA JURUSAN AKUNTANSI POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK)
DOI:
https://doi.org/10.38062/jpab.v2i1.14Keywords:
e-learning, pemanfaatan, pengembanganAbstract
Pemanfaatan pembelajaran e-learning sangat efektif khususnya di masa pandemi COVID-19. Hal tersebut terkait dengan adanya kebijakan dari pemerintah pusat yang secara beruntun menetapkan status siaga, darurat bencana, hingga pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Tujuan dilakukannya pertama, hasil penelitian ini dapat dijadikan dasar untuk pengembangan dan penyempurnaan e-learning di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak. Kedua, hasil penelitian ini dapat dijadikan pihak jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak dalam mengembangkan model pembelajaran jarak jauh (distance learning). Alat pengumpulan data pada penelitian ini yakni menggunakan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Sampel penyebaran kuesioner dilakukan dengan menggunakan snowball sampling. Hasil dari penelitian ini disimpulkan pembelajaran melalui e-learning dalam hal pengunaan aplikasi sudah dapat dilakukan oleh mahasiswa namun penguasaan materi dinilai cukup. Dari hal tersebut, dilakukan inisiatif dalam menyusun modul pembelajaran berbasis multimedia yakni modul ajar mata kuliah Sistem Informasi Akuntansi (untuk mata kuliah teori) dan Akuntansi Keuangan Menengah (untuk mata kuliah praktik). Pada pembelajaran e-learning yakni dengan memanfaatkan whatsapp Group untuk pemberian info link deskripsi ke GoogleClassroom serta memanfaatkan aplikasi flipbook.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Linda Suherma, Rizki Adithya, Yani Riyani, Kartawati Martdiah, Oscar Rynandi, Wahyudi, Rudi Tandra, Sulaiman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.