PENERAPAN APLIKASI E-COMMERCE PADA PENJUALAN PRODUK UMKM KECAMATAN PENAJAM KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA

Authors

  • Andi Syarifuddin Politeknik Negeri Samarinda
  • Satryawati Politeknik Negeri Samarinda
  • Johan Lucas Away Politeknik Negeri Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.38062/jpab.v4i2.505

Keywords:

Penerapan Aplikasi E-Commerce, Media Sosial Marketing

Abstract

Penerapan aplikasi E-Commerce  pada penjualan produk UMKM bertujuan untuk: 1). Memberikan pola pikir yang berkembang dalam pengelolaan usaha yang dijalankan para anggota UMKM, 2) meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam menjalankan usaha, 3) mendorong pengembangan system penjulan secara online. E-Commerce sangat penting untuk di aplikasikan dalam proses penawaran dan penjualan produk UMKM secara online yang saat ini cukup pesat perkembangannya, mengingat dengan kemampuan menawarkan dan menjual produk secara digital akan dapat memperluas pangsa pasar yang nantinya dapat berdampak pada meningkatnya omzet penjualan dan keuntungan para pelaku UMKM. Adapun harapan dari pelaksanaan kegiatan PKM ini sebagai berikut; peserta mampu 1) Mengoperasikan aplikasi E-Commerce, 2) mendesain tampilan produk secara digital, 3) membuat social media marketing seperti halnya “Google Bisnisku dan Istagram Bisnis”, 4) meningkatkan pangsa pasar produk. Untuk mencapai harapan tersebut di atas metode pelatihan yang  digunakan adalah tatap muka dimana semua peserta akan diberikan pemahaman konsep dasar e-commerce, bagaimana membangun sosial media marketing yang efektive sehinggah memudahkan calon konsumen untuk mendapatkan kebutuhannya secara cepat dan tepat.

Downloads

Published

2023-12-29

Issue

Section

Articles